Senin, 11 April 2011

MERAWAT SENDIRI KOMPUTER KITA (2)

Langkah-langkah Membersihkan (Hardware) Komputer

Kebersihan komputer akan sangat berpengaruh kepada kinerja komputer. Jika komputer anda kotor, maka pelepasan panas akan terhambat sehingga akan mengakibatkan komponen komputer anda mengalami penurunan kinerja.
Terkadang kita menjumpai keadaan komputer yang tiba-tiba "rewel", "bertingkah aneh", kadang RAM tidak terdeteksi, mungkin tiba-tiba restart sendiri. Hal ini mungkin saja disebabkan karena kondisi komputer kotor. Untuk mencegah hal yang aneh terjadi pada komputer anda, maka kebersihan komputer perlu dijaga.
Berikut cara membersihkan komputer anda :
(Lakukan dengan hati2 n Teliti, salah peletakan atau ada yg patah sedikit aja, akan mempengaruhi kinerja hardware tersebut, bahkan hal yg paling buruk “Hardware Tidak Dpt Digunakan lagi!”
Alat-alat yang diperlukan :
·         Kuas
·         Penghapus pensil
·         Vacuum cleaner dan/atau semprotan udara (jika ada)
·         Obeng
Langkah-langkah membersihkan komputer/PC :
·         Buka baut casing (dengan menggunakan obeng). (peringatan! kalau masih garansi, membuka casing akan membatalkan garansi PC anda!)
·         Buka baut di card PCI dan lepaskan semua card pci
·         Lepaskan semua kabel dari motherboard
·         Lepaskan RAM/memory
·         (optional, experience user only!) Lepaskan Prosesor dari motherboard. Buka baut motherboard dari casing. Lepaskan motherboard dari casing. (anda harus mengerti pemasangan kembali prosesor ke motherboard karena kesalahan pemasangan prosesor akan merusak prosesor dan motherboard anda!)
·         Lepaskan Hard Disk Drive, DVD/CD ROM, Floppy, dsb...
·         Mulai bersih-bersih. Nyalakan vacum cleaner, sedot semua debu. Gunakan semprotan untuk lokasi yang sulit diakses vacuum cleaner atau bisa juga menggunakan kuas.
·         Gunakan hapusan pensil untuk membersihkan pins/konektor RAM dan VGA/PCI card.
·         Pasang kembali semuanya pada posisi semula.
·         Nyalakan! banyak masalah dan kerewelan PC akan lenyap dan PC anda kembali bersih dan nyaman. Anda pun lebih nyaman bekerja dgn kondisi lebih bersih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar